Mikir Modal Minum Boba, Atur Budget Sambil Enjoy Passion Raih Mimpi

by - Desember 11, 2019

Dipenghujung akhir tahun, saat yang tepat untuk mengingat kilas balik resolusi di awal. It’s ok dear mungkin memang belum terlaksana, dan memang pas bulan Desember memikirkan hal apa saja yang akan nantinya kamu targetkan.



Yang jelas targetnya harus spesifik ya, jangan nanggung atau bikin nanya lagi. Contoh jadi ingin kaya, kaya yang seperti apa kamu inginkan, dan tetap harus logis diimbangi dengan pemikiran realistis. Begitu kata narasumber Dipa, seorang financial planner sekaligus Co- Founder of Hahaha Crop yang menaungi artis stand up comedian.

Bayangkan sekelas artis saja butuh planner, lebih cepat menghabiskan uang. 

Ingin challenge diri di jaman sekarang anak millenial dengan keadaan hiruk pikuk harus mulai berinvestasi, namun terkadang masih bingung perihal banyak pikiran tentang modal lalu jajan boba, makin-makin gak mulai kan ya tuh?



Tepatnya pada hari Sabtu kemarin, diberi kesempatan untuk hadir pada acara home credit, dengan tema, “ Smart Start Up”, hadir pula owner Whatravel Indonesia, Muhammad Takis dengan MC Ucita Pohan.

Dimulai dengan registasi, petjah hingga full seat, dengan mayoritas para pemuda-pemudi dan juga Gen Y yang tak mau kalah. Tidak ada yang terlambat untuk memulai menjadikan mimpi jadi nyata bukan?

Diawali dengan games yang beruntutan, banyak banget bagi hadiahnya. Dimulai dengan saldo pulsa lalu excited peserta datang dengan dresscode dan catwalk bak model dsb. Acara dimulai dengan menikmati, hidangan pembuka makanan kecil juga ada perbincangan dengan Perwakilan dari Home Credit, Freya Pradita dengan maksud memperkenalkan mengelola keuangan terutama untuk anak muda agar selalu menyenangkan.



Bagi narasumber, banyak yang telah terjadi maka itu harus mensiasati keuangan bagaimana passion bisa menjadikan harapan impian terkabul, dibarengi dengan keyakinan dan juga dukungan serta menjaga semangat, aware tentang bagaimana mengenali investasi yang balance.

Keraguan sering muncul saat jika berupa dengan budget, belum lagi dalam kelola, untuk itu perwakilan Home Credit memberi tahu bahwa tersedia fasilitas pinjaman untuk pendidikan atau elektronik dsb. Namun Dipa memberi tahu sering kali kenapa terjadi penolakan  pinjaman karena melihat keuangan tidak stabil, lalu bagaimana untuk seorang wirausaha yang tidak ada gaji tetap. Dengan menggaji diri sendiri pada tanggal yang sama namun tetap sebagai saving dengan ambil paling bottom.



Yang lagi trending, biaya sekolah anak yang bikin mikir dong saatnya perlu investasi dengan resiko seminim mungkin dan dimulai dari sekarang. Banyak habit yang tanpa disadari menguras kantong, awal makan sushi berakhir makan minuman penunda lapar. Selain itu malas mengantri, kena cash atau pesan makanna tinggal klik, order, repeat.



Terus bagaimana dengan “Dream”? Contohnya membuka kedai kopi, penikmat senja. Dengan tips yang sesuai menurut Takis–Dipa sebaiknya jika ingin membuka dengan modal bersama tentunya diusahakan agar menjadi mitra bisnis, bukan teman keseharian, karena jika imbasnya “bubar jalan” takutnya berakibat pada pertemanan. Lalu seputar wishlist? Yang sudah mulai diskon awalan?

Jawabannya boleh, dengan menggunakan dana darurat yang akan di ganti di bulan selanjutnya dengan kontrol dan terbatas. Hobi belanja, makan, travel sebisa mungkin selektif dan juga membandingkan harga.



Di zaman sekarang tentunya bisa menjadi content creator dengan bijak dan memberi inspirasi. Jadi kantong tetap aman dan tetap enjoy itulah FUNancial yang kamu mau bukan?



Bertaburan gemerlap hadiah dengan games seru acara ditutup dengan foto bersama dan juga makan siang. Serta ada doorprize yang lumayan banget. Seru sekali bisa mengikuti acara yang super duper bermanfaat, jadi ayo cari peluang dengan pintar, wujudkan mimpi.

Bang, bing, bung jangan bingung ayo nabung, investasi dengan smart! 

Sekian

Terima kasih telah membaca, semoga dapat membantu! 

You May Also Like

15 komentar

  1. Seru banget ya meriah banget acaranya baik itu ilmunya, jamuan nya, hadiahnya, pokoknya semuanya

    BalasHapus
  2. Hihihi acara yang bikin betah ya?
    Hadiahnya banyan, materinya bermanfaat pisan

    BalasHapus
  3. acara kemarin itu bermanfaat banget yaa, apalagi dijelaskannya secara santai dan fun sama Dipa Andika bikin gak ngantuk 3 jam juga :D

    BalasHapus
  4. acaranya bener2 funancial yak, padahal biasanya acara beginian tu bikin ngantuk ya tapi kemarin ga berasa sama sekali :)

    BalasHapus
  5. Dana darurat itu bisa juga ya buat pos belanja, tapi disiplinnya nanti itu yang sungguh menggoda iman. Bawaannya pengen beli ini itu lagi

    BalasHapus
  6. Meskipun yang dibahas di acara kemarin itu temanya cukup berat, yaitu tentang financial, peserta yang hadir merasa nyaman karena dibahas dengan fun ya, kan?

    BalasHapus
  7. Investasi banyak ya ragamnya dan mudah sekarang, emang jadi ga ada alasan untuk ga investasi, masa mau jajan mulu investasinya kapan. Seru ya acaranya, temanya financial planner tapi asik banget cara menyampaikannya

    BalasHapus
  8. Keren ya acaranya? <3

    Salut sama Home Credit bisa bikin financial talk show se-FUN ini. Aku jadi semangat membenanhi financial planningku

    BalasHapus
  9. baca judulnya, aduh bobaaaa.. aku banget nih seneng banget jajan kopi dan boba yang ternyata itu termasuk kedalam latte factors

    BalasHapus
  10. Iyaa biaya sekolah anak sekarang lagi ngetrend ya. Shock liat biaya sekolah yang sama, sama biaya kuliah. Hahaha. Udah cukup jajannya. Saatnya nabung.

    BalasHapus
  11. Setuju mba banyak habit yang emang kudu dikurangi karena menguras kantong kalau aku emang demen jajan sekarang ini jadi rem deh ahaha

    BalasHapus
  12. boba, godaan latte factors jaman sekarang ya :D

    BalasHapus
  13. Ngerti sih sekarang, kenapa impian itu mesti spesifik. Biar kalau dikonversi ke angka jadi jelas hitungannya.

    BalasHapus
  14. Hahahaha bye bye boba.. Demi impian tercapai harus bener-bener ngurangin jajan latte factors. Semangat yuk ah hehehe

    BalasHapus
  15. Memang sih ya harus sisihkan dana untuk investasi, biar masa tua nggak nelangsaaa. Makasih sharingnyaaa

    BalasHapus